Senin, 25 Juli 2011

MoU PemKab Karanganyar dan Kanwil DJP Jawa Tengah II



Kerjasama antara berbagai pihak mutlak diperlukan agar program pajak berjalan maksimal. Kerjasama tersebut dijalin utamanya dengan pemerintah di daerah, mengingat masih banyak wajib pajak di daerah yang belum menjadi wajib pajak.

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya membayar pajak. Sebab pajak saat ini menjadi penopang utama bagi keberlangsungan pembangunan, karena sumber uang pembangunan berasal dari pajak.
Tak hanya berhenti pada sosialisasi, kerjasama dengan berbagai pihak pun dijajaki dan diimplementasikan dalam tindakan nyata. Seperti dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar pada Kamis, 19 Mei 2011.
Bertempat di pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kepala Kanwil DJP Jateng II Dicky Hertanto menanda tangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang diwakili Bupati Karanganyar Rina Iriani Sri Ratnaningsih.
Tujuan nota kesepahaman adalah untuk ekstensifikasi dan intensifikasi pajak penghasilan orang pribadi dalam negeri, dan pajak penghasilan pasal 21. Selain itu, sebagai persiapan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan sektor perdesaan dan perkotaan, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan, serta kehumasan di Kabupaten Karanganyar.
Ekstensifikasi dan intensifikasi pajak penghasilan bertujuan untuk menggalakkan penerimaan pajak dari masyarakat. Selain tentunya untuk menertibkan dan mengingatkan masyarakat akan kewajibannya membayar pajak.
Pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan juga menjadi pokok pembahasan yang penting, mengingat nantinya daerah harus mampu mengurusi sendiri untuk pemungutannya. Seperti yang sekarang ini sudah dilakukan pada BPHTB.
Dalam acara di atas, tamu yang hadir seperti Bupati Karanganyar Rina Iriani beserta staf di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Selain itu, Kepala Kanwil DJP Jateng II Dicky Hertanto yang juga didampingi staf.

0 komentar:

Posting Komentar

Pintar pajak dengan blog, share pajak di sini aja ya www.humaspajak.co.cc