Senin, 22 Agustus 2011

Imam Sarjo: Berani Memanfaatkan Peluang

Google Pictures

Menjadi seorang pengusaha harus jeli membidik dan memanfaatkan peluang. Celah sekecil apapun harus diubah menjadi kesempatan sebesar mungkin. Seorang pengusaha harus terus mengasah kemampuannya mencium peluang bisnis.
Imam Sarjo mungkin tak pernah menyangka jika usaha kopi yang dirintisnya 30 tahun lalu mampu berkembang sedemikian pesat. Bisa jadi dalam pikiran Imam remaja saat itu, menjadi petani kopi hanyalah salah satu usaha untuk mendapatkan penghasilan ala kadarnya. Bukan menjadi petani sukses seperti sekarang ini.
Kesuksesan Imam tidak datang tiba-tiba. Ada proses dan pembelajaran yang harus dilaluinya untuk meraih kesuksesan. Keberaniannya memanfaatkan peluang sekecil apapun juga turut mendorong dirinya mengecap nikmatnya berbisnis kopi.
Sosok yang beralamat di Desa Kalibanger, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung ini telah menggeluti usaha kopi selama kurang lebih 30 tahun. Kini dia memiliki sekitar 1 hektare ladang kopi.

Sadar bahwa kopi yang dihasilkannya seperti kopi ose (biji kopi kering) arabika, kopi ose (biji kopi kering) robusta, dan kopi bubuk banyak peminat di luar negeri, Imam mencoba memasarkannya ke mancanegara.
Tak dinyana, kopi produksinya mendapat sambutan hangat. Sehingga saat ini dia memiliki pasar ekspor rutin ke Jepang dan Australia. Sementara di pasaran dalam negeri, Imam menjual kopinya ke Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan dan beberapa kota lain di Indonesia.
Untuk Kopi Ose (biji kopi kering) Robusta dia menjual antara Rp 12.500-14.000. Sementara Kopi Ose (biji kopi kering) Arabika dibanderol Rp 15-18 ribu. Kemudian untuk Kopi Bubuk Robusta dijual dari harga Rp 25.000 sampai Rp 35.000 dan yang paling mahal adalah Kopi Bubuk Arabika yang dijual Rp 40.000-50.000.
Tak sekadar berusaha dan mengembangkan bisnis sendiri, Imam juga tergabung dalam asosiasi yang merupakan wadah bagi para petani di Temanggung untuk pengolahan biji kopi dan penjualan kopi.

0 komentar:

Posting Komentar

Pintar pajak dengan blog, share pajak di sini aja ya www.humaspajak.co.cc