Jumat, 12 Agustus 2011

Manfaat Berpuasa dalam Segi Medis

Google Pictures

Berbagai penelitian ilmiah dan terperinci terhadap organ manusia dan aktivitas fisiologisnya menemukan bahwa puasa adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh tubuh manusia sehingga organ tubuh bisa berfungsi lebih baik. Puasa dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti kebutuhan makan, bernafas, bergerak, dan tidur. Puasa membantu tubuh membuang sel-sel yang sudah rusak, sekaligus hormon atau pun zat-zat yang melebihi jumlah yang dibutuhkan tubuh.
Ini beberapa manfaat puasa dalam segi medis :




1.     Mengistirahatkan sistem pencernaan. Setelah puasa, sistem pencernaan ataupun pengeluaran    sisa makanan membaik daya kerjanya.
2.     Meningkatkan proses detoksifikasi. Puasa akan memperlancar mobilisasi dan pengeluaran racun tubuh.
3.     Meningkatkan resolusi proses peradangan, seperti artritis rematoid.
4.     Menenangkan reaksi alergi, termasuk asma dan demam.
5.     Menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat. Puasa dapat menormalkan tekanan darah dan setelah puasa tekanan darah akan tetap ideal jika yang bersangkutan tetap menerapkan gaya hidup sehat.
6.     Membantu menghilangkan kebiasaan buruk dan kecanduan. Banyak orang bisa terbebas dari ketergantungan terhadap tembakau dan alkohol berkat puasa, bahkan ketergantungan obat.
7.     Membersihkan kulit dan menjernihkan mata.
8.     Merupakan pintu gerbang yang sempurna untuk memulai pola makan sehat.
9.     Membantu menurunkan berat badan tanpa rasa lapar yang menyiksa. Banyak orang terkejut karena saat ramadhan mereka hanya ingin makan sedikit dan bobot tubuh pun berkurang.
10.  Membantu meringankan penumpukan cairan abnormal secara lebih cepat, seperti edema pada kaki atau bengkak di perut.
11.  Mengembalikan rasa penghargaan terhadap makanan sehat alami. Banyak orang merasa lidah mereka menjadi "hidup" dan peka setelah puasa dan lebih menyukai makanan alami.
Menu berbuka puasa
Google Pictures
Berbuka puasa sangat ditunggu-tunggu jelang sore hari, bahkan berbagai kegiatan pun akan dilakukan oleh setiap orang berpuasa hanya untuk menunggu waktu berbuka.
Tapi bagaimanakah menu yang baik saat kita berbuka puasa? Beberapa pakar kesehatan sering memberikan masukan penting pada orang untuk memilih menu saat berbuka puasa.
Google Pictures
Salah satunya adalah memakan buah kurma plus minuman air putih sebagai pendamping atau teh manis hangat jika keduanya tidak ada. Diyakini buah kurma mengandung gula alami (fruktosa) yang sangat mudah diserap oleh organ untuk menyuplai energi ke otot-otot kita yang dalam sehari penuh tidak terisi oleh zat makanan.
Kebanyakan orang memilih menu berbuka seperti es campur atau es kolak yang secara kasat mata sangat menggairahkan nafsu untuk berbuka namun jika untuk dijadikan menu awal berbuka maka akan mengganggu sistem pencernaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Pintar pajak dengan blog, share pajak di sini aja ya www.humaspajak.co.cc