Senin, 15 Agustus 2011

Sikap Toleransi, Menghargai, dan Menghomati Saat Berpuasa


Ramadhan adalah bulan penuh ampunan, bulan penuh rahmat, bulan untuk mengumpulkan pahala, dan bulan dimana saatnya keagamaan ditingkatkan.  Orang yang berpuasa di bulan suci ramadhan dengan baik dan penuh keikhlasan, maka ketakwaannya kepada Allah,SWT akan meningkat.

Bulan ramadhan adalah bulan dimana toleransi harus lebih dijalankan buat yang tidak berpuasa. Hormati yang sedang beribadah puasa, hargai bulan suci ini. Tidak hanya yang berpuasa yang harus dihormati dan dihargai, yang tidak berpuasa pun berhak juga dihargai dan dihormati.
Dengan cara diberi kebebasan yang setara dengan memperhatikan kepentingan orang lain, kepentingan lingkungan sekitar. Tapi bagi mereka yang tidak berpuasa diharapkan mewujudkan sikap simpati dan empati selama ramadhan. Harus berusaha memberikan akhlak yang baik terhadap siapapun, walaupun diri sendiri masih belum mampu merealisasikan puasa dalam ramadhan ini.
Selain toleransi, selama ramadhan ini, dianjurkan kita untuk saling menghormati dan menghargai baik orang yang berpuasa dengan yang berpuasa lainnya, orang yang berpuasa dengan yang tidak berpuasa dan orang yang tidak berpuasa dengan orang yang berpuasa. Inilah yang dalam ajaran Islam disebut dengan tasamuh (toleransi) dan ihtiram (saling menghormati dan menghargai). Karena itu sangat penting untuk membina hubungan baik antar umat beragama dan menjunjung tinggi perbedaan.
Pada akhirnya, kunci utama dari toleransi yang sesungguhnya adalah kesadaran dan kesediaan satu kelompok untuk merelakan sebagian haknya demi kelompok lainnya. Dengan demikian, dalam konteks bulan puasa, sudah selayaknya orang yang tidak berpuasa menghargai orang yang berpuasa. Namun juga sebaliknya, sudah selayaknya orang yang berpuasa menghargai yang tidak berpuasa
Jadi buat teman-teman yang non muslim, mari kita dukung saudara-saudara yang berpuasa selama bulan ramadhan ini. Karena mereka sedang menjalankan ibadahnya dengan sepenuh hati.

1 komentar:

Posting Komentar

Pintar pajak dengan blog, share pajak di sini aja ya www.humaspajak.co.cc